Free Ebook Download

Input data……..ini yang tugas paling membosankan saya sebagai operator teknis aplikasi barang milik negara…walau kami ada dua orang terkadang untuk mengimput data yang banyak harus gantian di satu pc….apalagi ketika laporan deadline dan kebutalan data sumber kita numpuk dikahir tahun anggaran, ya inilah kadang kebiasaan jelek para penyelenggara kegiatan yang memforsis kegiatan di akhir tahun…ya barangkali ngabisin anggaran…padahal sebenarnya kerja bisa lebih cepat kok, karena memang DIPA nya udah ketuk palu di awal tahun..ya mudah-mudahan kebiasaan ini bisa berubah. bayangkan ketika data sumber yang sedemikian banyak harus di imput sekligus, apa lagi kalo data pembelian buku perpustakaan wah…ini minta ampun harus di imput satu-satu jumlah buku yang kadang nyampe ribuan judul…klenger dah……..(itu dulu saat masih dengan aplikasi lama SABMN.

Ini kelebihan aplikasi SIMAK-BMN ini dari pendahulunya aplikasi SABMN….dimana kita bisa ngimput data dengan multi user….ya kita bisa input data dari berapa komputerpun yang penting jaringannya ok…ya ada hubungan antara satu pc ke pc lainnya (jaringan LAN).

Sebenarnya ini ngak terlalu rumit…apalagi bagi yang ngerti dengan jaringan komputer….ya tulisan ini sekedar berbagi pengalaman dengan para rekan operator SIMAK-BMN se indonesia…silahkan di coba bagi yang belum nyoba….

Pertama yang harus kita ketahui adalah IP address PC mana yang akan kita jadikan sebagai master atau barangkali pusat datanya….caranya klik kanan di my network place, klik properties anda klik support di situ akan terlihat berapa ip adress komputer yang kita cari

PC yang ini tetap kita set sebagai localhost

sedangkan pada PC untuk multi user pada kolom IP server kita harus isi dengan IP address PC yang jadi pusat data…

gitu aja gampangkan dan kalo jaringannya ok dan isian alamatnya benar maka

kita bisa kerja barang rekan lain….ngak gantian lagi seperti dulu..hhh

Tinggalkan komentar